STRES DITEMPAT KERJA : A SILENT KILLER TERHADAP KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN

Artikel Detail Artikel

12 Januari

1 tahun yang lalu

STRES DITEMPAT KERJA : A SILENT KILLER TERHADAP KESEHATAN DAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN


 

Stres yang berhubungan dengan pekerjaan adalah respons yang mungkin dimiliki orang ketika dihadapkan dengan tuntutan dan tekanan pekerjaan yang tidak sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan mereka dan yang kemudian menantang kemampuan mereka untuk mengatasinya. 

Stres terjadi dalam berbagai situasi kerja, tetapi sering menjadi lebih buruk ketika karyawan merasa mereka hanya mendapat sedikit dukungan dari pimpinan dan rekan kerja, serta sedikit kendali atas proses kerja yang sedang dikerjakan. Sering juga terjadi kebingungan antara tekanan atau tantangan dan stress.

 

Tekanan di tempat kerja tidak dapat dihindari karena tuntutan pada lingkungan kerja. Tekanan yang dianggap dapat diterima dapat membuat pekerja tetap alert, termotivasi, mampu bekerja dan belajar, tergantung pada karakteristik masing-masing individu. Namun, ketika tekanan itu menjadi berlebihan atau tidak terkendali sehingga menyebabkan stres. Stres dapat merusak kesehatan karyawan dan kinerja perusahaan itu sendiri.

 

Kecemasan dan stres bisa muncul saat di tempat kerja. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkannya, mulai dari pekerjaan terlalu berat, lingkungan tak kondusif, hingga gaji yang dianggap terlalu rendah. Berdasarkan hasil survei Gallup tahun 2022, 37% responden di Asia Tenggara merasa cemas ketika berada di tempat kerja. Ada pula 31% responden di kawasan tersebut yang merasa stres di tempat kerja. Posisi kedua ditempati Indonesia dengan 46% responden yang merasa cemas ketika berada di tempat kerja

Sebagai informasi, Gallup melakukan survei terhadap 1.000 responden di setiap negara Asia Tenggara pada 2021 hingga akhir Maret 2022. Survei ini dilakukan melalui metode pengambilan sampel acak dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 0,5% poin hingga 8,5% poin dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

 

Temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis pekerjaan yang paling membuat stres adalah pekerjaan dengan tuntutan dan tekanan berlebihan yang tidak sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan pekerja, di mana hanya ada sedikit kesempatan untuk melakukan pilihan atau kendali apa pun, dan sedikit dukungan dari orang lain.

 

Apa bahaya terkait stres di tempat kerja?

Bahaya terkait stres di tempat kerja dapat dibagi menjadi konten pekerjaan dan konteks pekerjaan.

 

Konten pekerjaan mencakup konten pekerjaan (monoton, kurang stimulasi, tugas kurang menantang, kurang variasi, dll); beban kerja dan kecepatan kerja (terlalu banyak atau terlalu sedikit untuk dilakukan, bekerja di bawah tekanan waktu, dll.); jam kerja (sistem shift yang ketat atau tidak fleksibel, pekerjaan yang tidak dapat diprediksi , partisipasi dan kontrol (kurangnya partisipasi dalam pengambilan keputusan, kurangnya kontrol atas proses kerja, kecepatan, jam, metode, dan lingkungan kerja).

 

Konteks kerja termasuk pengembangan karir, status dan gaji (ketidakamanan pekerjaan, kurangnya kesempatan promosi, promosi yang kurang atau berlebihan, pekerjaan dengan nilai sosial yang rendah, skema pembayaran gaji, sistem evaluasi kinerja yang tidak jelas atau tidak adil, keterampilan yang kurang untuk pekerjaan); peran pekerja dalam organisasi (peran tidak jelas, peran bertentangan); hubungan interpersonal (pengawasan yang tidak memadai, hubungan yang buruk dengan rekan kerja, intimidasi/pelecehan dan kekerasan, pekerjaan terisolasi atau soliter, dll.); budaya organisasi (komunikasi yang buruk, kepemimpinan yang buruk, kurangnya aturan perilaku, kurangnya kejelasan tentang tujuan, struktur, dan strategi organisasi); dan keseimbangan kehidupan kerja (tuntutan pekerjaan dan rumah yang bertentangan, kurangnya dukungan untuk masalah rumah tangga di tempat kerja, kurangnya dukungan untuk masalah pekerjaan di rumah,

 

Stres di tempat kerja dapat dicegah dan mengidentifikasi potensi sumber stres bagi karyawan dalam suatu organisasi adalah langkah pertama untuk mengatasinya. Intervensi yang efektif untuk mengurangi stres di tempat kerja dapat diklasifikasikan sebagai primer, sekunder, dan tersier.

Intervensi primer melibatkan tindakan proaktif untuk mencegah stres dengan menghilangkan atau mengurangi potensi stresor. Tingkat intervensi ini berfokus pada sumber stres fisik dan psikososial di tempat kerja. Contoh intervensi primer meliputi
:

  • Mendesain ulang lingkungan kerja
  • Menyediakan waktu istirahat dan rekreasi bagi karyawan
  • Meningkatkan partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan dan perencanaan
  • Meningkatkan waktu dan sumber daya untuk menyelesaikan pekerjaan
  • Mencocokkan deskripsi pekerjaan dengan keterampilan dan kualifikasi pekerjaan
  • Membuat jalur promosi dan reward yang jelas
  • Pemanfaatan teknologi, dll

 

Intervensi sekunder bersifat korektif dan difokuskan pada mengubah cara pekerja memandang dan merespons stresor. Intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pekerja untuk mengatasi stres dan mendeteksi gejala akibat stres sejak dini.   Contoh intervensi sekunder meliputi :

  • Pelatihan dan pendidikan karyawan
  • Pelatihan terapi perilaku kognitif untuk pekerja
  • Pengawasan kesehatan rutin - skrining untuk tekanan darah tinggi , dll

 

Intervensi tersier adalah bentuk kontrol pada tingkat penyakit. Ini dimulai untuk pekerja yang sudah mengalami stres. Intervensi tersier melibatkan penyediaan perawatan, rencana kompensasi, program rehabilitasi, dan program kembali bekerja untuk pekerja yang terkena dampak. Intervensi tersier meliputi :

  • Memberikan perawatan medis dan program bantuan karyawan kepada pekerja
  • Rencana kembali bekerja termasuk modifikasi dan desain ulang pekerjaan

 

Stres di tempat kerja adalah silent factor dan sering diabaikan, yang mengganggu kesehatan dan produktivitas karyawan. Ini tidak hanya mempengaruhi pekerja tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Pemberi kerja harus mulai mengatasi masalah yang mengkhawatirkan ini untuk menciptakan suasana kerja yang lebih sehat, lebih aman, dan lebih produktif.

 

Kapan waktu yang tepat untuk mencari bantuan medis?

Kenali gejala stress dan pahami konsekuensi jangka panjang bagi kesehatan tubuh dan jiwa Anda.

Stress berlebihan atau jangka panjang umunya ditandai dengan berkembangnya berbagai gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti :

  1. Depresi
  2. Obesitas
  3. Gangguan makan
  4. Disfungsi seksuai
  5. Gangguan kepribadian
  6. Rambut rontok

 

Jika Anda mengalami stress jangka panjang, segera temui Dokter untuk berkonsultasi. Karena stress berat dan berkepanjangan dapat merusak kesehatan. Bila diperlukan,Dokter akan merujuk Anda pada seorang psikolog atau psikiater yang akan membantu menangani stress.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

https://www.corporatewellnessmagazine.com/article/workplace-stress-silent-killer-employee-health-productivity

https://dataindonesia.id/ragam/detail/3-dari-10-orang-asia-tenggara-stres-dan-cemas-di-tempat-kerja.

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/page/19/segera-temui-dokter-untuk-berkonsultasi-jika-anda-mengalami-stres-jangka-panjang

https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/occupational-health-stress-at-the-workplace