5 LANGKAH PERTOLONGAN PERTAMA BAGI PASIEN SERANGAN JANTUNG

Artikel Detail Artikel

22 Agustus

10 bulan yang lalu

5 LANGKAH PERTOLONGAN PERTAMA BAGI PASIEN SERANGAN JANTUNG

Penyakit jantung pada seseorang, masih menjadi penyebab utama kematian yang dialami oleh masyarakat indonesia. Untuk menangani hal tersebut, diperlukan perhatian dan pengetahuan yang baik ditengah masyarakat mengenai pertolongan pertama pada serangan jantung.

Terjadinya serangan jantung pada seseorang, bukanlah hal yang dapat diprediksi, sehingga pengetahuan yang baik terkait pertolongan pertama pada serangan jantung merupakan hal yang penting untuk diketahui, guna meminimalisir jumlah kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung

 

Berikut ini adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan saat melihat kerabat atau orang disekitar yang mengalami serangan jantung dan tidak sadarkan diri, diantaranya adalah :

1. Bawa pasien ke tempat yang lebih aman

2. Segera telepon ke 119 atau rumah sakit terdekat untuk meminta pertolongan tenaga medis dan ambulance dalam menangani pasien serangan jantung

3. Lakukan pertolongan bantuan hidup dasar atau resusi jantung paru oleh tenaga medis atau awam yang terlatih

4. Segera bawa penderita ke IGD

5. Melakukan bantuan hidup lanjut dan perawatan di rumah sakit


Lebih lanjut, diskusikan dengan dokter Spesialis Anak RS Budi Kemuliaan apabila Sobat memiliki keluhan atau masalah pada kesehatan anak. Lakukan reservasi dan daftar online bagi Anda pasien dengan rujukan BPJS atau umum melalui aplikasi RSU Budi Kemuliaan di smartphone Android atau iOS Anda. 

 

Sumber : Kementerian Kesehatan RI