MENGENAL APA ITU PENYAKIT GERD ?

Artikel Detail Artikel

10 Januari

2 minggu yang lalu

MENGENAL APA ITU PENYAKIT GERD ?

Banyak sekali dari kita yang belum mengenal apa itu penyakit GERD dan kebanyakan dari kita menganggap bahwa penyakit GERD itu sama dengan penyakit Maag, Padahal penyakit GERD dan Maag itu berbeda. Selain itu, apakah benar penyakit GERD dapat menyebabkan kematian dan apakah itu berbahaya?

Yuk mari kita kupas tentang penyakit GERD mulai dari apa itu GERD? , gejalanya seperti apa? , Pertolongan pertama yang dilakukan jika kita terserang GERD dan apakah GERD itu dapat menyebabkan kematian?

 

Tahu kah kalian apa itu Penyakit GERD?

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan terjadi ketika asam lambung atau terkadang isi lambung naik kembali ke esofagus (refluks) sehingga seseorang akan mengalami panas dada seperti terbakar dan mulut terasa pahit Akibat naiknya asam lambung. Hal ini akan mengiritasi dan membakar esofagus atau kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas pada dada (heartburn) sampai bagian dalam leher bahkan tenggorokan.

Esofagus sendiri adalah merupakan bagian dari saluran pencernaan, bentuknya berupa saluran yang menghubungkan antara kerongkongan dengan lambung. Esofagus terletak di belakang trakea (batang tenggorokan) dan di depan tulang belakang.

 

Gejala dari penyakit GERD

Pada umumnya GERD memiliki gejala perasaan panas seperti terbakar di ulu hati dan dada serta nyeri pada tenggorokan. Keluhan seperti terbakar ini akan dialami selama beberapa jam dan bertambah buruk dengan posisi membungkuk, terbaring, atau pun setelah makan dan mulut juga akan terasa asam ketika cairan asam lambung telah menyentuh rongga mulut.

Selain gejala secara umum ternyata penyakit GERD memiliki gejala lainnya seperti:

  1. Perasaan terganjal pada belakang mulut atau pangkal kerongkongan terutama ketika saat menelan.
  2. Jumlah gas di dalam lambung terlampau banyak sehingga mudah merasakenyang.
  3. Sakit tenggorokan khususnya saat proses menelan air atau makanan.
  4. Suara berubah menjadi sedikit serak (hal ini disebabkan oleh peradangan kronis pada tenggorokan dan mengenai pita suara).
  5. Peradangan kronis pada tenggorokan ini juga menyebabkan batuk kronis yang dirasakan lebih sering pada malam hari.
  6. Mudah merasakan mual dan muntah.
  7. Mulut sering berbau akibat kelebihan gas dari rongga lambung.
  8. Sesak nafas dimana sesak dirasakan menekan paru-paru dari area ulu hati.

 

Pertolongan pertama saat GERD menyerang

Apa yang bisa kita lakukan pertama kali saat GERD menyerang? Ya…kita bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Segera berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi.
  2. Tetap tenang, lakukan relaksasi dengan mengatur nafas.
  3. Minum air hangat.
  4. Jika ingin muntah keluarkan saja.
  5. Makanlah walapun sedikit.
  6. Segera periksa ke Dokter.
  7. Hindari makanan yang pedas dan asam setalah 2-3 hari GERD kambuh.

 

Apakah penyakit GERD Berbahaya dan menyebabkan Kematian.

Faktanya menurut salah seorang Dokter Spesialis Gastroenterologi FKUI RSCM Ari Fahrial Syam menyebut GERD bukan penyakit yang bisa menyebabkan kematian secara langsung. Meski demikian, penyakit ini tetap harus diwaspadai karena bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Jadi penyakit langsungnya tidak mengancam jiwa, tapi komplikasinya yang bahaya. Misal saat GERD bertemu penyakit lain, atau terlalu lama dibiarkan hingga menyebabkan kanker kerongkongan, kanker lambung dan penyakit lain yang jelas bahaya," kata dr. Ari dalam virtual media briefing dengan tema 'Apakah benar GERD tidak mengancam jiwa: harapan baru untuk tingkatkan kesembuhan dan mencegah kekambuhan GERD', Kamis (10/2).

Walapun demikian kita tidak boleh menganggap sepele penyakit GERD dan harus tetap aware terhadap diri kita sendiri. Yuks mari kita sayangi diri sendiri dengan aware terhadap penyakit GERD ini.

 

Salam sehat,

Sahabat Budi Kemuliaan

Informasi layanan RS Budi Kemuliaan   Whatsapp "Customer Care 081290003051 atau telp 021 3842828

 

Referensi dari:

1. Wikipedia "Penyakit GERD – Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan | Mediskus"

2. Wikipedia "Fa'izah, Addina Zulfa. Fa'izah, Addina Zulfa, ed. "7 Penyebab Asam Lambung Naik, Gejala dan Cara Mencegahnya". Merdeka.com.

3. Website Universitas Airlangga Fakultas Keperawatan "Tri Subekti, ‘Metode Relaksasi Untuk Menurunkan Stres Dan Keluhan Tukak Lambung Pada Penderita Tukak Lambung Kronis’, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada."

4.https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220210164851-255-757632/benarkah-gerd-bisa-sebabkan-kematian/amp

Telepon

+ 62 - 21 - 3842828 ext. 0

Emergency Call

+62 21-22036663

Email

rsbudikemuliaan@indo.net.id