Tips Mencegah Overthinking Untuk Kesehatan Mental

Artikel Detail Artikel

17 Januari

4 bulan yang lalu

Tips Mencegah Overthinking Untuk Kesehatan Mental

Overthinking adalah kebiasaan tidak sehat yang biasanya menyebabkan lebih banyak stres dengan berfokus pada hal negatif, memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Alih-alih memecahkan masalah, kamu hanya akan merenungkan suatu masalah tanpa menemukan solusi logis. 

 

Cara Menghilangkan Overthinking 

Berpikir tentang masalah sebenarnya bisa menjadi kunci untuk mengembangkan solusi yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan overthinking yang bisa kamu coba:

 

1. Alihkan Perhatian

Daripada hanya memikirkan masalah untuk waktu yang tidak terbatas, kamu dapat mengalihkan perhatian kamu sebentar. Otak mungkin menemukan cara yang lebih baik untuk mencari solusi di latar belakang saat kamu terganggu dengan tugas lain. Distraksi atau mengalihkan perhatian sebentar dapat memberi kamu istirahat. Ini juga mungkin membuat pikiran kamu terfokus pada sesuatu yang lebih produktif. Otak pun mungkin mengembangkan solusi untuk kamu ketika kamu berhenti memikirkan masalahnya.

 

2. Tantang Pikiran Negatif

Ingatkan diri kamu bahwa yang ada di dalam pikiran kamu bukanlah kenyataan. Setiap pikiran yang kamu miliki tidak akan selalu benar, akurat, atau bahkan realistis. Mempelajari cara membingkai ulang pikiran dengan cara yang lebih positif dapat membantu menghilangkan overthinking.

Ketika kamu mendapati diri kamu terlalu banyak berpikir, tantang pikiran-pikiran ini. Tanyakan pada diri kamu apakah ini realistis. Pertimbangkan skenario alternatif. Mungkin sulit pada awalnya, tetapi belajar untuk mengeluarkan pemikiran berlebihan dapat membantu kamu belajar mengganti pikiran negatif dengan yang lebih bermanfaat.

 

3. Latih Keterampilan Interpersonal

Meningkatkan keterampilan interpersonal juga bisa menjadi cara menghilangkan kebiasaan overthinking yang kamu miliki. Berikut ini untuk mengembangkan keterampilan interpersonal yang lebih kuat:

- Meningkatkan kesadaran diri

- Meningkatkan rasa percaya diri

- Melatih pengendalian diri

 

4. Meditasi

Meditasi dapat menjadi alat yang sangat baik untuk mengarahkan pikiran kamu ke hal yang lebih positif. Saat kamu bermeditasi, fokuslah pada napas. Tujuannya bukan untuk menjernihkan pikiran, melainkan untuk memfokuskannya pada sesuatu dan berlatih mengarahkan kembali fokus kamu setiap kali pikiran mengembara. Dengan latihan, kamu akan merasa jauh lebih mudah untuk berhenti berpikir berlebihan sebelum menjadi masalah yang lebih serius. Cobalah lakukan meditasi 10 menit untuk menghentikan pikiran dan kekhawatiran yang mengganggu. 

 

5. Latih Penerimaan Diri

Overthinking sering kali berasal dari memikirkan kesalahan masa lalu atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kamu ubah. Alih-alih membenci diri sendiri untuk hal-hal yang mungkin kamu sesali, cobalah untuk lebih menerima dan berbelas kasih pada diri sendiri. Berikut ini strategi yang dapat membantu kamu menjadi lebih menerima diri sendiri:

- Mempraktikkan rasa syukur dan memikirkan aspek-aspek diri yang kamu hargai.

- Menumbuhkan sistem pendukung yang kuat yang terdiri dari orang-orang yang dapat memberi kamu dorongan dan cinta.

- Maafkan diri kamu untuk hal-hal yang kamu sesali.

 

6. Lakukan Terapi

Jika berbagai cara menghilangkan overthinking telah kamu coba dan tidak membuahkan hasil, mungkin saatnya untuk mendapatkan bantuan profesional. Sebab, overthinking mungkin merupakan gejala dari masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Di sisi lain, overthinking juga dapat meningkatkan kerentanan kamu untuk mengembangkan masalah kesehatan mental. Seorang profesional kesehatan mental dapat mengajari keterampilan yang akan membantu kamu berhenti terobsesi, merenungkan, dan memikirkan hal-hal yang tidak membantu. 

Lebih lanjut, diskusikan dengan Psikolog RS Budi Kemuliaan apabila Sobat memiliki pertanyaan seputar kesehatan mental. Lakukan reservasi dan daftar online bagi Anda pasien dengan rujukan BPJS atau umum melalui CUSTOMER SERVICE kami pada 0812 9000 3051 (WA) dan 021 384 2828 Ext 0/200 (TELP).