MENGENAL ALAT KONTRASEPSI DAN MANFAATNYA

Artikel Detail Artikel

25 Oktober

8 bulan yang lalu

MENGENAL ALAT KONTRASEPSI DAN MANFAATNYA

Apa Itu Alat Kontrasepsi?

Alat kontrasepsi umumnya bisa kamu gunakan untuk pencegahan kehamilan yang tidak kamu inginkan atau tidak memungkinkan, misalnya saat kondisi tubuh wanita tidak memungkinkan untuk hamil. Penggunaan alat ini juga bertujuan untuk menghentikan produksi sel telur serta menghentikan penggabungan sel sperma dan sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim.

 

Jenis - Jenis Kontrasepsi : 

1. Kontrasepsi alami

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menghitung masa subur wanita secara manual melalui perhitungan siklus menstruasi. Metode ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan suhu tubuh, perubahan pada cairan vagina, hingga menghitung menggunakan kalender. 

 

2. Pil KB

Ini menjadi kontrasepsi yang paling banyak orang gunakan. Pil ini mengandung hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi untuk mencegah terjadinya ovulasi. Ada dua jenis yang bisa kamu temui, yaitu pil KB kombinasi dan pil yang hanya mengandung progesteron.

 

3. Kondom pria

Ini adalah alat yang perlu kamu pasang pada alat kelamin pria untuk mencegah masuknya sperma ke dalam vagina ketika sedang berhubungan intim. Kelebihan dari kondom adalah harganya yang terjangkau, memberikan perlindungan dari bahaya penularan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS), dan sangat mudah untuk kamu dapatkan. Namun, kondom hanya bersifat sekali pakai.

 

4. Suntik

Kontrasepsi berupa suntik terbagi menjadi dua jenis, yaitu KB suntik yang memiliki jangka waktu tiga bulan untuk mencegah terjadinya kehamilan, dan KB suntik yang hanya bisa bertahan selama satu bulan. Metode ini disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi pil KB. Akan tetapi, harganya relatif mahal dan tidak memberikan perlindungan maksimal terhadap penyakit menular seksual. 

 

5. Implan

Implan memiliki bentuk dan seukuran batang korek api dan bisa kamu masukkan ke bagian bawah kulit, biasanya pada lengan bagian atas.

KB implan akan mengeluarkan hormon progestin secara perlahan, dan bisa mencegah terjadinya kehamilan hingga tiga tahun.

 

6. IUD

IUD merupakan singkatan dari intrauterine device, memiliki bentuk seperti huruf T. Alat KB ini bisa kamu pasang pada rahim untuk menghalangi sperma dari proses pembuahan.

 

7. Kondom wanita

Kondom wanita merupakan kontrasepsi berupa plastik yang bisa kamu pasang menyelubungi vagina. Di bagian ujungnya terdapat cincin plastik yang berperan untuk menyesuaikan posisi alat kelamin pria ketika berhubungan. Sama halnya dengan kondom pria, kondom wanita juga memberikan perlindungan dari IMS, tetapi kurang efektif dibandingkan dengan kondom pria. 

 

8. Vaginal ring

Vaginal ring merupakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon, mirip dengan pil KB. Ia secara perlahan melepaskan hormon yang bergerak dari vagina ke dalam aliran darah. Penggunaan vaginal ring dapat mencegah kehamilan dengan mencegah ovarium melepaskan sel telur setiap bulan.

 

9. Sterilisasi

Ini adalah metode kontrasepsi permanen. Biasanya metode ini menjadi pilihan jika pasangan suami-istri sudah tidak memiliki rencana untuk hamil lagi. Contoh sterilisasi pada wanita yaitu ligasi tuba, sedangkan pada pria yaitu vasektomi.

 

10. Spermisida

Benda ini berbentuk jeli, krim, membran, atau busa yang mengandung bahan kimia untuk membunuh sperma. Spermisida bisa kamu gunakan di dalam vagina sebelum berhubungan seksual. Kamu perlu mengaplikasikan spermisida 30 menit sebelum berhubungan intim. Selain itu, penggunaan spermisida perlu disertai dengan kontrasepsi lain, misalnya kondom. Sebab tingkat kegagalannya cukup besar, yaitu mencapai 29 persen.

 

11. Diafragma

Jenis alat kontrasepsi ini terbuat dari karet berbentuk kubah. Diafragma diletakan di mulut rahim sebelum kamu dan pasangan berhubungan seksual. Biasanya, penggunaan diafragma disertai dengan spermisida.

 

12. Cervical cap

Bentuknya mirip dengan diafragma, tapi ukurannya lebih kecil. Diafragma umumnya juga digunakan bersamaan dengan spermisida dan berfungsi menutup jalan sperma masuk ke rahim.

 

MANFAAT  :

1. Mengatur siklus menstruasi

2. Mengurangi rasa sakit menstruasi

3. Mencegah jerawat hormonal

4. Mengurangi risiko kanker rahim

5. Mengurangi risiko kista ovarium

6. Mengelola endometriosis

7. Mengurangi risiko anemia

Lebih lanjut, diskusikan dengan dokter Spesialis Obgyn RS Budi Kemuliaan apabila Sobat memiliki pertanyaan seputar alat kontrasepsi. Lakukan reservasi dan daftar online bagi Anda pasien dengan rujukan BPJS atau umum melalui CUSTOMER SERVICE kami pada 0812 9000 3051 (WA) dan 021 384 2828 Ext 0/200 (TELP).