INILAH PERAWATAN YANG PERLU DILAKUKAN PADA MASA NIFAS

Artikel Detail Artikel

13 Desember

5 bulan yang lalu

INILAH PERAWATAN YANG PERLU DILAKUKAN PADA MASA NIFAS

Masa nifas adalah masa selama enam minggu pertama setelah melahirkan. Ini adalah saat yang menggembirakan, tetapi juga merupakan periode penyesuaian dan penyembuhan bagi para ibu. Selama minggu-minggu ini, ibu akan terikat dengan bayi dan mereka juga akan menjalani pemeriksaan pasca melahirkan dengan dokter. Menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari setelah melahirkan memiliki tantangan tersendiri, terutama jika kamu seorang ibu baru. Meskipun penting untuk merawat bayi, tetapi ibu juga harus menjaga diri sendiri. Lantas, perawatan apa saja yang paling penting selama masa nifas? Ketahui jawabannya melalui ulasan berikut ini!

 

Perawatan Selama Masa Nifas Kebanyakan ibu baru tidak akan kembali bekerja setidaknya selama enam minggu pertama setelah melahirkan. Hal ini memungkinkan waktu untuk beradaptasi dan mengembangkan kebiasaan baru. Oleh karena bayi harus sering diberi makan dan diganti popok, kamu mungkin mengalami malam tanpa tidur. Ini bisa membuat frustasi dan melelahkan. Kabar baiknya adalah, kamu akan terbiasa dalam rutinitas. Nah, selagi sibuk mengurus bayi, kamu juga perlu melakukan beberapa hal sebagai perawatan sederhana selama masa nifas yang bertujuan untuk memudahkan masa transisi:

 

1. Istirahat yang Cukup

Tidurlah sebanyak mungkin untuk mengatasi rasa lelah dan letih. Bayi mungkin bangun setiap dua hingga tiga jam untuk menyusu. Untuk memastikan ibu cukup istirahat, tidurlah saat bayi tidur.

 

2. Minta Bantuan

Jangan ragu untuk menerima bantuan dari keluarga dan teman-teman selama periode postpartum atau selama masa nifas. Ingat, tubuh kamu perlu disembuhkan, dan bantuan praktis di sekitar rumah dapat membantu kamu mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan. Teman atau keluarga dapat menyiapkan makanan, menjalankan tugas, atau membantu merawat anak-anak lain di rumah. Selain itu, kamu bisa meminta jasa asisten rumah tangga.

 

3. Makan-Makanan yang Sehat

Pertahankan pola makan yang sehat untuk meningkatkan penyembuhan. Tingkatkan asupan biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan protein. Kamu juga harus meningkatkan asupan cairan, terutama jika kamu sedang menyusui.

 

4. Olahraga

Dokter akan memberitahu ibu kapan boleh berolahraga selama masa nifas. Aktivitas atau olahraga yang dilakukan biasanya tidak boleh yang berat. Jadi, cobalah berjalan-jalan di dekat rumah. Perubahan pemandangan menyegarkan dan dapat meningkatkan tingkat energi ibu selama masa nifas.

 

5. Kontrol ke Dokter

Biasanya 40 hari setelah persalinan, dokter akan memberikan jadwal kontrol. Meski tidak ada keluhan, jangan sampai melewatkan jadwal kontrol karena dokter akan memeriksa kembali luka persalinan sekaligus memantau kondisi kesehatan si kecil.

 

Lebih lanjut, diskusikan dengan Dokter Spesialis Obgyn RS Budi Kemuliaan apabila Sobat memiliki pertanyaan seputar masalah atau kesehatan anak. Lakukan reservasi dan daftar online bagi Anda pasien dengan rujukan BPJS atau umum melalui CUSTOMER SERVICE kami pada 0812 9000 3051 (WA) dan 021 384 2828 Ext 0/200 (TELP).

 

SUMBER :

American Academy of Family Physicians. Diakses pada 2021.

Recovering from Delivery (Postpartum Recovery). Healthline. Diakses pada 2021. Recovery and Care After Delivery.

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Postpartum care: What to Expect After a Vaginal Birth.