Webinar Pekanan dari RS Budi Kemuliaan Edisi Perdana ini mengangkat tema tentang Imunisasi Anak Selama Pandemi. Ayah Bunda tak perlu kuatir, Anak-anak Anda perlu Imunisasi agar sehat dan tidak mudah terkena penyakit menular. Jangan takut datang ke Rumah Sakit, di RS Budi Kemuliaan diterapkan Protokol Kesehatan yang ketat, sebelum Anda masuk ke dalam area pelayanan RS. Dipaparkan bagaimana yang terjadi jika anak-anak tidak dibawa ke Fasilitas kesehatan untuk diimunisasi, yaitu terjadinya wabah penyakit yang sebenarnya sudah ada vaksin nya…

Link video youtube bisa dilihat disini

 

imunisasi anak dimasa pandemi covid 19

imunisasi anak dimasa pandemi covid 19

 

Kekhawatiran untuk meninggalkan rumah, masalah transportasi, kesulitan ekonomi, pembatasan pergerakan atau takut terkena virus adalah beberapa alasan terkait perlambatan imunisasi. Namun WHO menyerukan kepada negara-negara untuk memastikan program penting yang menyelamatkan jiwa ini berlanjut. “Penderitaan dan kematian yang dapat dihindari yang disebabkan oleh anak-anak yang kehilangan imunisasi rutin bisa jauh lebih besar dari Covid-19 itu sendiri,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari situs WHO (15/7/2020).

Pada Mei tahun ini, pandemi telah mengganggu program imunisasi di tiga perempat dari lebih dari 80 negara menanggapi survei PBB yang dilakukan dengan Pusat Pengendalian Penyakit AS. “Covid-19 menjadikan vaksinasi rutin sebagai tantangan yang menakutkan. Kita harus mencegah kerusakan lebih lanjut dalam cakupan vaksin… sebelum nyawa anak-anak terancam oleh penyakit lain. Kita tidak bisa menukar satu krisis kesehatan dengan krisis lainnya,” kata Direktur Eksekutif UNICEF Henriette Fore.

Hasil survei menunjukkan bahwa di hampir 84 persen dari fasilitas kesehatan yang melaporkan, layanan imunisasi mengalami gangguan signifikan akibat wabah Covid-19 dan kebijakan pemerintah saat ini mengenai langkah-langkah menjaga jarak. Ada banyak Puskesmas yang tetap memberikan layanan imunisasi selama pandemi COVID-19, tetapi banyak juga yang mengalami gangguan atau bahkan menghentikan layanan imunisasi sepenuhnya. Ada potensi risiko wabah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin jika layanan imunisasi tidak diperkuat dengan memberikan pengetahuan yang memadai dan mempersiapkan sumber daya.

CategoryKegiatan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828