Penyakit jantung koroner terjadi bila pembuluh arteri koroner tersumbat atau menyempit karena endapan lemak, yang secara bertahap menumpuk di dinding arteri.

Apa itu Penyakit Jantung Koroner?

Penyakit Jantung Koroner merupakan penyakit gangguan fungsi jantung akibat kekurangan suplai darah oleh karena adanya penyempitan /penyumbatan aliran darah pada pembuluh darah koroner. Penyakit ini dapat MEMATIKAN !!!

Umumnya ditandai dengan keluhan khas : nyeri dada atau terasa tidak nyaman dibagian dada atau dada seperti tertekan benda berat yang bisa dirasakan tembus ke punggung belakang, menjalar ke leher, rahang atau lengan kiri.

Sedangkan Arteri koroner adalah pembuluh darah pada jantung yang berfungsi menyuplai makanan bagi sel-sel jantung. Penyakit jantung koroner terjadi bila pembuluh arteri koroner tersebut tersumbat atau menyempit karena endapan lemak, yang secara bertahap terjadi di pembuluh arteri lainnya, tidak hanya pada arteri koroner.

Penyakit Pembuluh darah juga dapat menyebabkan daya pompa jantung melemah sehingga darah tidak beredar sempurna ke seluruh tubuh (gagal jantung).

penyakit jantung koroner

penyakit jantung koroner

Faktor-Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

  1. Kadar Kolestrol Tinggi
    • Penyebab penyakit jantung koroner adalah endapan lemak pada dinding arteri koroner, yang berdiri dari kolestrol dan zat buangan lainnya
    • untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner, anda harus menjaga kadar kolestrol dalam darah
  2. Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi
    • Ada 2 pengukuran tekanan darah tinggi yaitu :
      • Tekanan sistolik adalah tekanan darah yang memancar dari jantung ke seluruh tubuh
      • Tekanan diastolik adalah tekanan darah yang kembali mengisi jantung.
    • secara umum orang dikatakan menderita hipertensi bila tekanan darah sistolik/diatoliknya diatas 140/90 mm Hg.
  3. Trombosit
    • Trombosit adalah gumpakan darah pada arteri atau vena. bila trombosit terjadi pada pembuluh arteri koroner, anda berisiko terkena penyakit jantung koroner
  4. Kegemukan
    • Kegemukan (obesitas) meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes
  5. Diabetes melitus
    • Diabetes meningkatkan risiko jantung koroner, terlebih bila kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik.
  6. Umur
    • Risiko penyakit jantung koroner meningkat seiring usia. semakin tua, semakin efektivitas organ-organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskularnya.
    • laki-laki cenderung lebih cepat terkena dibandingkan perempuan, yang risikonya baru meningkat drastis setelah menopause.
  7. Keturunan
    • Risiko anda lebih tinggi bila orang tua anda juga terkena penyakit jantung koroner, terlebih bila mulai mengidap di usia kurang dari 60 tahun.

Cara Mengurangi Risiko Jantung Koroner

makanan penurun kolestrol

makanan penurun kolestrol

Meskipun tidak dapat melawan penuaan dan memengaruhi garis keturunan, Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner :

  1. Mengurangi konumsi daging berlemak jenuh tinggi
  2. Memperbanyak makan buah, sayuran, dan biji-bijian yang mengandung antioksidan tinggi, (Vitamin A, C, dan E). Antioksidan mencegah lebmak jenuh berubah menjadi kolestrol.
  3. Menghindari stres. Stres dapat menimbulkan ketidakseimbangan fungsi tubuh, meningkatkan tekanan darah, serta membuat anda merokok dan makan berlebihan.
  4. Tidak merokok dan tidak minum kopi berlebihan
  5. Rajin olahraga. Olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari,3-4 kali seminggu dapat memperkuat jantung, membakar lemak, dan menjaga keseimbangan HDL dan LDL.
  6. Kontrol ketat kolestrol, tekanan darah dan gula darah
  7. istirahat yang cukup

Tatalaksana Penyakit Jantung Koroner

  1. Tatalaksana & pengontrolan faktor-faktor risiko penyakit jantung koroner
  2. Terapi farmakologis/obat-obatan
  3. Mengatasi penyempitan atau penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah koroner dengan:
    • Pemasangan stent / ring jantung
    • Operasi bypass jantung (CABG)

Ayo segera cek Risiko Jantung anda sekarang di Poli Jantung RS Budi Kemuliaan

Poliklinik Jantung Rumah Sakit Budi Kemuliaan Jakarta ditangani Dokter Spesialis Jantung berpengalaman dan ditunjang oleh fasilitas yang memadai untuk kebutuhan kesehatan jantung Anda.

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828