Pantau Perkembangan Anak dengan KPSP di Rumah

Setiap orang tua pasti mengharapkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Terutama pada 1000 hari pertama anak mulai sejak awal usia kehamilan sampai dengan usia dua tahun.  Masa ini sangat lah perting ,karena saat anak mulai mengalami proses tumbuh kembang yang akan menentukan  jangka panjangnya.

Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran fisik tubuh yang dinilai melalui berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Sementara perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih rumit dalam hal kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian. Gerakan kasar seperti kemampuan anak untuk tengkurap, duduk, berdiri, dan berjalan . Gerakan halus seperti kemampuan anak mengambil benda kecil dengan jarinya, menggengam, memegang, menulis dan menggambar.

Pemantauan dalam perkembangan anak sama pentingnya dengan pemantauan terhadap pertumbuhan anak https://rsbudikemuliaan.id/informasi-kesehatan/memantau-tumbuh-kembang-anak/. Keterlambatan pada perkembangan anak yang luput dari pantauan akan mempersulit penanganannya kedepan. Sebenarnya, Orangtua dapat melakukan dengan mudah pemantauan terhadap tumbuh kembang anak di rumah,  dengan menstimulasi perkembangan anak melalui metode  bermain yang menyenangkan. baca juga faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak https://pusatterapibermain.com/faktor-yang-mempengaruhi-tumbuh-kembang-anak/

Panduan KPSP atau Kuesioner Preskrining Perkembangan

Pemantauan perkembangan Anak ini dapat menggunakan panduan KPSP atau Kuesioner Preskrining Perkembangan .Untuk pemantauan perkembangan anak usia 3,6,9,12,15,18,21,24,30,36,42,48,54,60,66 dan 72 bulan menggunakan KPSP. KPSP berbentuk kuesioner dengan 9-10 pertanyaan. Lembar KPSP dapat dengan mudah melalui mesin pencarian (internet).

Cara penggunaan KPSP, yaitu:

  1. Tentukan umur anak dalam bulan. Bila usia anak berada diantara KPSP maka gunakan yang lebih kecil dari usia anak. Misalnya usia anak 8 bulan maka KPSP yang di gunakan adalah KPSP usia 6 bulan.
  2. Baca pertanyaan KPSP terlebih dahulu.
  3. Jawab pertanyaan satu-persatu.
  4. Setiap pertanyaan di jawab Iya/Tidak.
  5. Interprestasi jawaban :
  • Bila jawaban Ya 9-10, Perkembangan Anak Sesuai (S) Tahapan
  • Bila jawaban Ya 7-8, Perkembangan Anak Meragukan (M)
  • Bila jawaban Ya 6 atau kurang, kemungkinan ada Penyimpangan (P)
  1. Bila Perkembangan Anak Sesuai (S) , maka orangtua dan pengasuh telah baik dalam mengasuh sehingga bisa melanjutkan pola asuh dan tetap melakukan stimulasi sesuai dengan bagan stimulasi yang sesuai dengan usia anak.
  2. Bila Perkembangan Anak Meragukan (M) , maka lakukan stimulasi selama 2 minggu terhadap jawaban Bila setelah dua minggu anak masih dalam perkembangan Meragukan (M) , konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau kerumah sakit dengan fasilitas tumbuh kembang.

 Keterlibatan orangtua dalam memberikan stimulasi perkembangan anak sangatlah penting. Dengan deteksi dini , maka intervensi akan mudah dilakukan bila terjadi gangguan dalam perkembangan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda.

 

Salam Sehat

RS Budi Kemuliaan

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828