bau mulut

Apa Penyebab Bau Mulut?

Bau mulut atau Halitosis dapat memalukan dan dapat menyebabkan menjadi tidak percaya diri.  Bahkan diri sendiri  sulit menyadari bau mulut. Kita perlu bertanya kepada teman dekat atau kerabat mengenai bau mulut Anda. Ada beberapa faktor yang  menjadi penyebab Bau Mulut  dan menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa Halitosis atau bau mulut terjadi 50 % pada populasi.

Beberapa hal yang menjadi penyebab bau mulut adalah :

  1. Makanan merupakan salah satu penyebab bau mulut yang diakibatkan dari pemecahan partikel sisa makanan di dalam mulut oleh bakteri. Makanan tertentu seperti bawang merah, bawang putih atau makanan dengan aroma menyengat lainnya juga dapat menyebabkan bau mulut .
  2. Merokok dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, bahkan perokok memiliki resiko untuk mengalami penyakit gusi yang merupakan sumber lain dari bau mulut
  3.  Tidak Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut  seperti tidak rutin menggosok gigi setelah makan, maka sisa makanan yang tetap berada pada mulut dapat menyebabkan bau, lalu sisa makanan tersebut lama kelamaan berubah menjadi plak pada gigi yang dapat menimbulkan peradangan gusi yang bisa menyebabkan bau mulut. Tidak membersihkan lidah secara rutin dapat menyimpan bakteri penyebab bau mulut.
  1. Mulut Kering  disebabkan oleh produksi  air liur yang menurun. Air liur secara alamiah dapat membantu membersihkan mulut dari partikel yang menyebabkan bau mulut. Penurunan air liur yang  dapat terjadi secara alami yaitu pada saat tidur. Namun mulut kering kronis terjadi karena penyakit  seperti peradangan sinus, gangguan metabolisme, GERD, atau konsumsi obat tertentu .

Tips Mengatasi Bau Mulut

Banyak orang yang menggunakan tips dengan memakan permen mints atau permen karet namun solusi ini hanya bersifat sementara, tidak menyelesaikan masalah sebenarnya. Kita perlu menjaga kesehatan gigi secara konsisten. Namun apabila terus berlanjut walupun telah merubah gaya hidup seperti gosok gigi dan lidah setelah makan dan banyak minum air putih maka Anda perlu untuk berkonsultasi ke dokter gigi https://rsbudikemuliaan.id/informasi-kesehatan/kesehatan-gigi-dan-mulut/ untuk mengetahui penyebab lain yang mungkin lebih serius.

baca juga disini https://www.webmd.com/oral-health/bad-breath#2

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828