PPOK

MEROKOK VS  PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS

COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease) atau dalam bahasa Indonesia disebut juga PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) merupakan suatu penyakit yang pada umumnya dapat dicegah dan ditangani. Penyakit ini biasanya memiliki tanda gejala seperti pernapasan yang terus-menerus dan keterbatasan aliran udara pernapasan karena adanya abnormalitas pada saluran napas  dan atau alveolus yang biasanya disebabkan oleh pajanan yang signifikan terhadap partikel atau gas beracun.

PPOK

Tidak tanggung- tanggung , Penyakit ini menyerang 65 juta orang di Dunia dengan tingkat keparahan sedang hingga berat. Sementara di Indonesia sendiri berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 memperkirakan terdapat 9,2 juta jiwa penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis. Sedangkan WHO memperkirakan pada tahun 2030 , PPOK adalah penyebab kematian ketiga di dunia. Sayangnya banyak orang yang menderita PPOK namun tidak mengetahuinya sehingga tidak mendapatkan pengobatan yang optimal. Gejala penyakit ini antara lain : sesak nafas, batuk kronis, sputum (dahak ) yang produktif, bertambahnya sesak nafas, dan kadang ada suara tambahan saat bernafas.

Merokok merupakan faktor resiko utama dari PPOK. Mengapa ? karena saat merokok terjadi paparan jangka panjang terhadap gas iritatif atau partikel yang terutama terdapat pada asap rokok. Sementara menurut Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018 menjelaskan bahwa jumlah masyarakat yang merokok pada usia antara 10-18 tahun  meningkat dari 8,8% pada tahun 2016 menjadi 9,2 % pada tahun 2018. WHO telah menetapkan Indonesia sebagai negara terbesar ketiga di dunia sebagai pengguna rokok. Hal ini menjadikan masalah PPOK menjadi serius di Indonesia .

Merokok adalah penyebab gangguan Kesehatan yang dapat dihindarkan dan mengingat bahaya akibat merokok bagi kesehatan maka disarankan bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok agar berhenti merokok untuk mejaga Kesehatan paru dan Kesehatan tubuh. Bahaya meroko bagi kesehatan tubuh baca juga disini https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/bahaya-merokok-pada-daya-tahan-tubuh/#gref

 

Mari dukung Orang terdekat anda untuk BERHENTI MEROKOK.

Berhenti Merokok Cegah COPD!

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828