Manfaat ASI

 

Manfaat ASI

Pekan ASI Sedunia Tahun 2020

Selamat Pekan ASI Sedunia. ASI merupakan makanan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dengan segala komposisi gizi dan proteksi yang diberikan oleh ASI untuk bayi. Namun , faktanya saat ini diseluruh dunia, bayi yang mendapatkan ASI ekslusif barulah 41 %.

Kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama pada kehidupan bayi terus digalakan. WABA ( World Alliance for Breastfeeding Action) berkolaborasi bersama WHO (World Healt Organisation) dan UNICEF (United Nations Children’s Fund) sejak tahun 1992 melakukan kampanye setiap tahunnya melalui World Breastfeeding Week selama 1 pekan awal bulan Agustus , tanggal 1 – 7 Agustus yang diikuti oleh 120 Negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Setiap tahunnya WABA mengusung satu tema untuk mencapai tujuannya seperti sistem kesehatan, wanita dan bekerja, kode internasional untuk pemasaran ASI buatan, dukungan komunitas, ekologi, ekonomi, ilmu pengethuan, pendidikan, dan hak asasi manusia.

Pada tahun 2020 ini dengan tema “Support Breastfeeding For Healthy Planet” . WABA menyoroti bahwa pemberian ASI pada bayi dapat mempengaruhi lingkungan dan perubahan iklim, serta bagaimana ASI bertanggung jawab atas kesehatan dan kesejahteraan planet berserta orang-orangnya. Maksudnya adalah ASI merupakan sumber makanan alami yang dapat diperbaharui untuk anak-anak yang pastinya ramah lingkungan karena tidak memerlukan produksi, pengemasan, dan pengiriman yang dapat menyebabkan polusi. Secara tidak langsung hal ini menyoroti efek negatif dari pemberian susu formula terhadap lingkungan dan pengurasan sumber daya alam.

Fakta saat ini yang terjadi adalah 720.450 ton susu formula terjual setiap tahunnya ke 6 negara di asia yang menghasilkan hampir 2,9 juta ton gas rumah kaca . Hal ini setara dengan hampir 7 juta mils kendaraan berpenumpang dan 1,03 juta tons sampah yang dibuang ke pembuangan. Bahkan diperlukan sekitar 4000 liter air untuk memproduksi 1 kg bubuk susu buatan.

Konseling menyusui

Selain itu, pesan pekan ASI tahun ini adalah agar setiap Ibu memiliki akses ke konseling menyusui yang terampil dan dapat memberdayakannya untuk memberikan bayinya awal terbaik dalam hidupnya. Mengapa? Menyusui adalah proses alami. Itu tidak selalu mudah. Ibu membutuhkan dukungan dan mempertahankan menyusui. Layanan konseling dapat memastikan bahwa ibu dan keluarga dapat menerima informasi, saran, membantu Ibu membangun kepercayaan diri, serta mencegah praktek pemberian makanan dan perawatan yang dapat mengganggu pemberian ASI. Meningkatkan akses ke konseling terampil untuk menyusui juga dapat memperpanjang durasi menyusui dan mempromosikan pemberian ASI eksklusif, dengan manfaat untuk bayi, keluarga dan ekonomi.

Dengan tetap ASI ekslusif, berarti Anda telah memberikan awal terbaik bagi setiap anak dalam kehidupannya. Tidak hanya manfaat kesehatan, nutrisi , emosional antara Ibu dan anak, namun Anda juga telah menyelamatkan Planet ini beserta orang-rang didalamnya.

Sumber :

worldbreasfeedingweek.org

who.int

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828