KENAPA IBU HARUS MELAKUKAN INISIASI MENYUSUI DINI?

World Health Organization , United Nations International Funds , serta Ikatan Dokter Anak Indonesia terus menerus merekomendasikan agar seluruh Ibu memberikan ASI secara  Ekslusif kepada bayinya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ASI Ekslusif adalah memberikan Air Susu Ibu saja kepada bayi selama 6 bulan.

Mengapa ?

Secara ilmiah telah banyak bukti-bukti yang menunjukan manfaat ASI Ekslusif pemberian Ibu kepada bayinya, antara lain memiliki tingkat intelegensia yang lebih baik, kemungkinan mengalami obesitas dan kelebihan berat badan lebih kecil,serta secara global menurunkan potensi kematian pada balita. Sementara itu, ibu akan mendapatkan manfaat  yaitu dapat mencegah terjadinya kanker payudara.

Salah satu bagian dari upaya memberikan ASI Ekslusif https://rsbudikemuliaan.id/informasi-kesehatan/asi-ekslusif/ adalah dengan melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Inisiasi Menyusui Dini adalah meletakan bayi diatas tubuh Ibu segera setelah lahir sehingga terjadi kotak antara kulit Ibu dan bayi. Data menyebutkan bahwa bayi yang tidak mendapatkan IMD, ASI di usia 2-23 jam pertama kehidupannya, beresiko 33% lebih tinggi untuk mengalami kematian di usia awal dibanding dengan bayi yang mendapatkan IMD.

Tahap-tahap IMD adalah :

  1. Setelah lahir, memotong tali pusar bayi , melakukan pengeringan seperlunya, kecuali verniks (kulit putih)
  2. Bayi ditengkurapkan  di  perut atau  dada  ibu  dengan  kulit  bayi  melekat  pada  kulit  Ibu, Biarkan bayi mencari sendiri puting ibunya. Proses ini minimal terjadi selama 1 jam pertama setelah lahir.
  3. Setelah menemukan puting Ibu , bayi akan menyusu untuk yang pertama kalinya . Pada saat itulah bayi mendapatkan kolostrum (ASI yang leluar pada pertama kalinya)

IMD dapat memberikan manfaat baik pada Ibu maupun pada bayi yaitu :

  • Kontak Ibu dan bayi serta proses bayi menghisap puting akan menyebabkan Ibu mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat memudahkan pelepasan plasenta pada Ibu.
  • Bayi akan merasakan perasaan yang nyaman karena kontak skin to skin memberikan rasa hangat yang sama dengan suhu di dalam rahim.
  • Proses Mencari puting dengan indera pengecapan adalah transfer antibody ke bayi. Proses bayi menjilat-jilat kulit Ibu saat mencari puting, akan ada bakteri yang masuk ke usus bayi dan berkoloni floral normal.
  • Bayi akan mendapatkan kolostrum yang merupakan ASI pertama yang memiliki banyak nutrisi untuk bayi.

Pada saat terjadi Kegawatdaruratan pada Ibu dan Bayi tidak dapat melakukan IMD. Misalnya   Ibu yang mengalami perdarahan paska melahirkan atau bayi yang lahir dengan gangguan jalan nafas.

Mari komunikasikan dengan dokter dan bidan yang menolong  persalinan  Anda  untuk tetap melakukan IMD bila Ibu dan bayi dalam keadaan sehat.

IMD Langkah awal untuk Sukses ASI Ekslusif.

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828