FEEDING RULES MENGATASI GERAK TUTUP MULUT PADA ANAK

 

Tips Mengatasi 'Gerakan Tutup Mulut' Pada Anak BalitaGerak Tutup Mulut atau GTM adalah perilaku anak yang tidak mau membuka mulut saat pemberian makan atau menyemburkan makanan. Sebagai seorang Ibu sering kali mengeluhkan Kondisi seperti ini, terutama pada saat peralihan pemberian ASI ke makanan pendamping ASI. Adapun penyebab GTM antara lain belum siapnya anak untuk merubah makanan dari terbiasa mengisap ASI berubah menjadi mengunyah makanan, anak dalam keadaan tidak sehat, atau anak telah kenyang. GTM yang berlangsung lama dapat menyebabkan kurangnya asupan anak bahkan mengancam terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan Anak.

Ada beberapa hal atau Feeding Rules yang harus ibu perhatikan untuk persiapan masa “mulai makan” atau pemberian MPASI pada anak:

Do’s         

  1. Berikan makanan anak secara bertahap. Mulai dengan pure untuk usia 6-9 bulan , bubur kasar untuk 9-12 bulan dan makanan biasa untuk diatas 12 bulan.
  2. Buat jadwal yang tetap untuk makan adalah penting untuk dilakukan. Berikan makanan dengan 3 kali makanan pokok, 2 kali makanan kecil dan 2-3 kali ASI / Susu.
  3. Perhatikan komposisi makanan yang mengandung gizi seimbang dan koreksi rasa. Makanan yang terlalu asin, hambar dan suhu yang tidak sesuai membuat anak enggan untuk makan.
  4. Lakukan prosesi makan bersama anggota keluarga lain atau tetap dilakukan di meja makan.
  5. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan dan nyaman. Pastikan popok bayi dalam keadaan kering, bila basah makan ganti terlebih dahulu sebbelum memulai makan.

Don’t

  1. Tekstur makanan yang tidak sesuai usia anak membuat anak menghindar atau kesulitan untuk makan.
  2. Tidak melakukan prosesi makan lebih dari 30 menit. Bila dalam 15 menit anak telah menolak untuk makan maka berhentilah.
  3. Tidak memberi tekanan pada anak dengan memarahi atau mengancam anak karena tidak mau makan.
  4. Hindari suasana makan di depan TV, sambil bermain , jalan-jalan, naik sepeda , atau di lingkungan yang bising.
  5. Jadwal makan yang tidak menentu atau memberikan makanan di luar jam makan anak.

 

Feeding Rules  yang dilakukan dengan komitmen dan disiplin akan membantu anak untuk mengatasi GTM. Segera hubungi dokter anak anda https://rsbudikemuliaan.id/poliklinik-anak/ bila GTM telah berlangsung lama.

 

Salam Sehat

RS Budi Kemuliaan

Write a comment:

Tinggalkan Balasan

Untuk kasus darurat hubungi (021) 384-2828